serching isi tulisan dalam suatu file

Kalo kita mau cari isi tulisan pada suatu file tanpa buka file tersebut kita bisa pake console

caranya gene :

mukimini@lion:~/remaja_autopart/dbf$ grep -i -r fbrmerk *

maksudnya gene…

Sekarang gw kan ada di dalam folder dbf dan didalam folder ini ada banyak bgt file yg ekstensinya .dbf, kira-kira sekitar 40 file. Dan gw kan cari mau tulisan fbrmerk dari puluhan file tersebut. Banyangin coba kalo gw harus buka satu demi satu dari semua file dan nyari kata demi kata tersebut……..arrggghhhh……. šŸ˜¦ bisa-bisa copot dah mata gw…….akhirnya gw tanya tm gw cara yg paling mudah terus aku di kasih tau cara pake console.ternyata gak panjang singkat banget. “grep -i -r (nama yang mau di cari) * ”

Ex: mukimini@lion:~/remaja_autopart/dbf$ grep -i -r fbrmerk *

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: